Minggu, 04 Desember 2011

Tips Belanja Online

          Kalian semua pasti sering dan senang belanja online khan. Bisnis ini paling sukses di negara2 maju. Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. (http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik)
          Awal tahun 1990-an komersialisasi di internet mulai berkembang pesat mencapai jutaan pelanggan, maka muncullah istilah baru electronic commerce atau lebih dikenal e-Commerce. Riset center e-Commerce di Texas University menganalisa 2000 perusahaan yang online di internet, sektor yang tumbuh paling cepat adalah e-Commerce, naik sampai 72% dari $99,8 Milyar menjadi $171,5 Milyar. Di tahun 2006 pendapatan di Internet telah mencapai angka triliunan dollar. (http://wahyusajati.blogspot.com/2009/12/sejarah-e-commerce.html).
      E-Commerce/e-business pertama hanya diimplementasi-kan di perusahaan2 besar, semacam Jet Blue, IBM, Caterpillar dsb. Beberapa tahun terakhir ini industri wiraswasta kecil dan rumahan juga memanfaatkan kemudahan e-business. Tentu saja, karena mudah sekali membuatnya. Hanya perlu barang yang akan dijual dan koneksi internet. Banhkan situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter, juga mendukung e-business. Mudah, cepat, tidak perlu ijin birokrasi pemerintah, sama artinya, penjual tidak perlu membayar pajak penjualan.

    
Kelebihan: 
  1. Praktis, bisa dilakukan dimana-pun kapan-pun
  2. Menghemat banyak waktu, karena tidak mengharuskan kita datang langsung ke toko
  3. Mendapatkan harga jauh lebih murah dari pada di toko

                 

      Kekurangan:

  1. Kesempatan terjadinya penipuan tinggi
  2. Barang ga bisa dilihat, dipegang dan dicoba
  3. Resiko barang datang tidak sesuai gambar dan atau harapan
  4. Sulit mengajukan tuntutan jika sampai terjadi penipuan
Bisnis ini sebenarnya hanya menawarkan 1 hal, "KEPERCAYAAN". Banyak kasus seperti yang gwe sebut diatas. Sulit mencegah dan menyaring hal ini. Karena itu, website online shop ternama macam e-bay dan Amazon, biasanya meletakkan gadget presentase kepercayaan pelanggan. 



TIPS AND TRICKS:
  • Kalau belanja di online shop international, coba lihat presentase kepercayaan pelanggannya. Kalau seller kaskus, coba cari yang paling banyak testimonial kepuasan pelanggan. Biasanya mereka aman.
  • Seller dari facebook bisa dengan mudahnya menghapus komen2 buruk. Karena itu caranya, coba cari dari komentar2, siapa pelanggan yang telah membuat transaksi. Kamu bisa inbox ke mereka, langsung tanya testimoni mereka soal seller. Inbox ke sekitar 5 pelanggan supaya kamu bisa ambil rata2-nya. 
  • Ikuti forum2 komunitas diskusi. Misalnya KOS (Komunitas Online Shop) untuk facebook, dll. Di forum ini ada keluhan pelanggan juga, jadi seller2 “bermasalah” bias kita hindari.
  • Hati2!    Banyak seller bagus yang udah punya banyak toko, buyer dan reseller berubah menjadi “bermasalah” karena, mungkin, terlalu sibuk. So, be alert! Kalau kebanyakkan toko, (cth: Moshicute I (full), Moshicute II (full) dst), bisa jadi sellernya kewalahan dan pelayanan jeblok. 
    • Kalau seller2 dari toko bagus, blog2, dsb, yang tidak punya testimonial,  disini-lah harus lebih hati2. 

a.    Browsing, browsing, browsing!! Ini cara paling ampuh menghindari penipuan. Bisa ketik: nama toko+testimonial/nama toko+keluhan atau nama toko+komentar. (cth: moshicute+keluhan)
Kalau minus keluhan kemungkinan besar aman. (Bukan 100% aman yah!!)
 Browsing juga bisa membantu kamu menemukan seller2 dengan variasi harga.
b.      Kalian bisa hubungi seller untuk tanya2 informasi barang. Kalau si-seller tanggapannya baik, artinya cepat membalas SMS/mudah untuk dihubungi, kemungkinan besar seller itu aman.
c.       Kalau si seller sulit dihubungi, sebaiknya langsung di-CUT aja supaya aman. Berat memang, apalagi kalau harga yang ditawarkan sangat murah. Tapi lebih baik aman dari pada uang kamu hilang.
  • Jangan belanja dalam jumlah besar ke seller yang masih baru untuk kamu. Coba belanja dalam range harga semurah mungkin, jadi kalau ketipu ga kesel2 amat.
  •  Untuk seller yang baru buat kamu, jangan lupa tagih no resi jasa pengiriman (JNE, TIKI, dsb) kalau si-seller ngaku barangnya udah dikirim.
  •   Jangan terburu-buru. Semua keputusan yang dibuat terburu-buru hasilnya kurang baik.


Tips Menghadapi Penipuan: 
  1. Jangan membuang bukti apapun. SMS, bukti transaksi BANK dan e-mail. Simpan dengan baik sampai barang sampai di kamu. 
  2. Kalau jumlahnya lumayan, ada baiknya kamu laporkan hal ini pada polisi, biar si seller kapok dan ga jatuh korban lagi.
  3. Peringatkan buyer lain, waktu jaman masih pakai facebook, gwe akan cari calon2 buyer dan gwe inbox untuk beri warning ke-dia (si-buyer). Tujuannya supaya mengurangi lebih banyak jatuhnya korban. 
  4. Ke-4 seller sepatu ini gwe dapat waktu gwe masih ber-facebook ria. Waktu itu masih belum jaman ada KOS. Kalau ada, gwe akan lebih memanfaatkan forum KOS daripada repot.



Pengalamanku

Udah sekitar 3 tahunan gwe jadi online buyer, setahun jadi online seller. Seller yang pelayanan-nya TOP abis sampai SAMPAH abis pernah gwe temui. Pernah ketipu juga, tapi ga besar. :-$ don't tell anyone shh!
          Sejauh pengalaman gwe, Seller Sepatu belum ada yang bisa dipercaya, (seller yang menawarkan sepatu2 high heels, boots, angkle boots dengan model2 dari Jepang-Korea). Udah 4 kali gwe coba beli di 4 seller yang berbeda, tapi barang gwe ga ada yang sampai. Gwe menunggu :) happy (rata2 janjinya 1 bulan), menunggu :( sad (1 bulan lewatlah sudah), menunggu'@^@||| dizzy, menunggu :-w waiting, menunggu X( angry, menungu...... :puke! puke sampai akhirnya menyerah :-(||> give up.
2 seller memenuhi masa2 penantian gwe dgn janji amis :^o liar! Masih mending dah, paling nggak SMS dibalas, daripada yang 2 seller lain yang tiba2 ga punya pulsa. Berasa ngomong sama tangan =; talk to the hand. Setelah dia bosan main petak umpet '@-@ search me, 3 seller mengembalikan uang gwe (setelah beberapa BULAN gwe lalui dengan pertarungan yg penuh aliran darah, keringat dan air mata :(fight) fight (lebay) dan uang biaya SMS), sedangkan 1 seller hilang tanpa jejak. Inilah pengalaman pertama gwe tertipu. Tapi karena dibawah 100rb, mau ngurus ke polisi juga malas. 
Yg lainnya juga bukan berarti ga nipu gwe, cuman karena uang gwe kembali, dampak kerugian materi berkurang (karena belum dihitung biaya SMS yang menggunung), dampak kerugian psikologis ga boleh dilupakan, karena mereka bikin gwe ESMOSI!!! ~X( at wits' end
Sejauh ini, seller kosmetik (promosi) dan seller softlens itu yang paling aman. :x lovestruck  Kedua seller baju, kalau yang jual kue/makanan… belum pernah gwe coba ^O^||3 eat
Sejak gwe masih jadi buyer dari seller kosmetik, bentuk barang selalu datang sesuai gambar, seller akan kasih info kalau barang cacat (biasanya harga dikurangi kalau buyer, tetap bersedia).  Kalau softlens juga barang yang dipesan dan yang datang sama persis, mutu standar, rata2 seller softlens OK dalam hal pelayanan.
Kalo baju…barang datang bentuknya belum tentu sesuai gambar, beberapa kali gwe alami baju sobek atau mutu jahitannya bikin gwe istigfar :-S worried! Tapi, ga jarang juga baju yang datang lebih bagus dari harapan gwe. Sayangnya seller baju gwe yang murah hati, informational dengan koleksinya yang super murah dan bagus ini, mbak Wina Yusnita, hilang, bersamaan dengan dibajaknya Facebook gwe sama hacker2 jahat yang kurang kerjaan ~X( at wits' end!! (Mbak Wina....dimana kau!!! I MISSED YOU!!!!!  :x lovestruck:x lovestruck:x lovestruck)


Belanja online itu super nyaman dan murah, karena itu, resikonya super tinggi. Kita ga boleh kalah pintar sama para seller supaya tidak kecewa atau tertipu.

Note:
Kindly follow my instagram @anshiera. Gw akan share produk2 yang baru gw purchased dan kasih review singkat, juga tips2 soal skin care, how to dan DIY skin care, dsb. Gw juga akan langsung jawab pertanyaan yang kalian ajukan di komentar.
Akun instagram gw baru aja gw lauch, jadi, masih miskin foto. Gw akan menunggu sampai follower lumayan banyak, baru gw akan upload tips2 yang gw janjikan. Jadi, buat follower pertama…..sabar yah. I will grow up with you.


Thanks a bunch for everything!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar