Kamis, 15 Desember 2011

All About Korean Cosmetic Brand I

Banyak South Korean Brand yang beredar di Indonesia. Tentunya ga semua brand familiar di telinga kita.  Saat ini, Korean Brand yang beredar di mall2 Indonesia, yang gw tahu hanya merk Etude House, The Skin Food (entah kenapa gerainya di MKG selalu sepi, padahal gw suka merk ini), NYX, Missha, The Face Shop dan VOV. Padahal banyak brand2 lain macam Baviphat, Holika Holika, Laneige dsb merupakan brand yang terkenal di Korea Selatan.
 Kenapa Korean Brand? Apa kelebihannya? Karena kosmetik Korea menawarkan kosmetik dengan mutu yang bagus namun dengan harga yang terjangkau. Merk Lanei'ge misalnya, menurut gw kualitasnya sama dengan kosmetik2 Eropa bedanya harga merk2 Eropa bisa bikin bronkhitis gw kumat, kalo Lanei'ge...paling bikin gw sesek napas ( ^_^ ). Kelebihan lainnya, Kosmetik Korea memiliki kemasan yang imut dan bikin laper mata.
Cosmetic Brand Korea rata-rata menggunakan "icon" bisa juga disebut "spokesperson" atau "the face of" atau "ambassador" sebagai bintang iklan. Artis, aktor atau idol yang sangat terkenal bisa sangat beruntung berpindah-pindah menjadi icon satu merk ke merk lainnya. Kenapa beruntung? Karena saat menjadi icon, wajah mereka bukan hanya dipajang di gerai2/toko2-nya saja, tapi juga di kemasan beberapa produk. dan tentu saja hal ini akan mendongkrak popularitas mereka. Yah, lebih tepatnya ini simbiosis mutualisme, hubungan saling menguntungkan.
Sejauh ini artis, aktor dan idol yang beruntung itu (yang gw tahu aja yah) Song Hye Gyo (Etude House, Innisfree dan Lanei'ge), Kim Hyun Joong (Tony Moly dan The Face Shop), Goo Hara (A'pieu dan Nature Republic), Hyun Bin (Lanei'ge dan Beauty Credit), Jang Geun Suk (Etude House dan Nature Republic)
Berikut ini gw akan me-review tentang semua brand Korea, yang gw kenal saja tentunya. Ga semua brand pernah gw jajal. Review ini akan dibagi 2 supaya ga terlalu berat...


  • LANEI’GE      
Lanei’ge ini salah satu merk paling terkenal di Korea. Amore Pasific Corp adalah salah satu perusahaan terkenal di Korea yang bergerak di produksi bahan kimia dan kosmetik sejak tahun 1940. Amore Corp memiliki beberapa sub-merk dimana Lanei'ge adalah salah satu diantaranya.
Sepanjang pengetahuan gw, merk ini juga punya harga paling aduhai mahalnya. Harga Lanei’ge sekelas dengan seri Vit. C dan ....-nya The Body Shop yang satu itemnya rata2 Rp. 200rb keatas. Ada beberapa produk dari merk Lanei’ge yang pernah gw jajal, tapi belum sempet nulis reviewnya. Jadi....ditunggu yah!
Icon produk ini tak lain dan tak bukan, artis super cantik Song Hye Gyo, pemeran Ji Eun dalam drama Full House. Hye Gyo diangkat jadi icon Lanei’ge sejak 2008 (lama ya), di official website-nya masih dipakai sampai sekarang, artinya mungkin masih jadi icon sampai sekarang. Model lainnya seperti Lee Na Young (tokoh utama dalam drama The Fugitive Plan B bersama Rain/Bi) dan Ju Ji Hyun. Model cowoknya Hyun Bin, Kim Ji Hoon dan Joo In Sung. 
Yah, gw ga heran sih. Song Hye Gyo memang CANTIK BANGET!!! Artis Korea tercantik, menurut gw. Kalau gw lihat kulitnya di Full House, gw cuman bisa mesem karena iri. Hye Gyo juga rajanya icon make up, sebelum di Lanei’ge dia berhasil jadi icon Etude House dan Innisfree, merk yang juga merupakan sub-merk Amore Pasific Corp. Amore Corp kayanya bener2 jatuh cinta sama Song Hye Gyo, sama seperti gw.

 

 Ini gambar Hye Gyo untuk Lanei'ge. Cantik khan....  Coba perhatikan kulitnya.... IRIIIIIII!!!!!!!! PENGEEEEEEENNNNNNN!!!!











Ini Hyun Bin, icon Lanei'ge Homme, tokoh utama drama Secret Garden yang juga mantan pacarnya Song Hye Gyo. (semakin iri....)  

Gw pribadi suka banget sama merk ini. Biarpun harganya mahal, tapi hasilya sesuai dengan yang kita harapkan. Biasanya produk Lanei'ge cuman gw pakai kalau ada event2 tertentu aja, karena kalau dijadiin produk rutin....bisa bangkrut!!! ( TnT )


  • INNISFREE
            Icon merk ini adalah idol yang terkenal paling cantik di SNSD (Girls Generation) Im-Yoon Ah atau nama panggungnya Yoona. Model lainnya adalah Moon Geun Young (pemeran Marry di drama Marry Me Marry/Marry Stayed Out All Night), Song Hye Gyo, dan Nam Sang Mi.
            Belum ada satu-pun produk dari merk ini yang pernah gw jajal. Yang pasti, merk ini satu rumah produksi dengan Lanei’ge dan Etude House (produksi Amore Pasific Corp). Kalau gw buat rata2 dari harga, Lanei’ge paling mahal, Innisfree di tengah2 dan merk Etude yang punya rata2 harga paling bersahabat. Kapan2 gw pasti bakal jajal BB Cream merk ini....

Song Hye Gyo for Innisfree
SNSD Yoona
Moon Geu Young

Cantik mana???? Ternyata Yoona ga kalah cantik sama Song Hye Gyo... ( TnT )


  • A’pieu
Pengetahuan gw soal merk ini amat sangat minim. Secara ga ada official website (bahkan yang dalam bahasa Korea juga ga ada), udah cari2 info, tapi blum ketemu.
Harga setiap produk dari merk ini tergolong bersahabat. Sejauh ini, hanya 96 item yang ada di online shop gw. Mungkin masih banyak lagi koleksi A’pieu, sayangnya gw ga tahu apa aja. Mau request juga susah karena infonya sangat minim.
Dugaan gw, A’pieu ini merk baru, atau mungkin perusahaan lama yang baru buka retail. Walaupun A’pieu berani pakai BEAST/B2ST sebagai icon mereka, nyatanya  merk ini masih sangat sulit ditemukan. Browsing lewat Google Pic juga hasilnya super minim. Kalau dari segi packaging...menurut gw biasa aja. Standar, sama kaya merk kosmetik lain macem The Body Shop, Estee Lauder dll.
Anyway, gw suka karena A’pieu pakai BEAST sebagai icon dan pastinya si tampan Lee Gi Kwang yang jadi andalan utama. Biarpun Yoseobie adalah member favorit gw di BEAST, kalau dibanding Gi Kwang, dia masih kalah tenar ( semangat Seobie!!!! I’ll always love you!!). Dulu merk ini sempet juga mengontrak Goo Hara-nya KARA sebagai icon mereka.

The Angel Smile of BEAST, Lee Gi Kwang

Leader-nya BEAST, Yoon Doojoon

Goo Hara for A'Pieu






 




  • Beauty Credit
Beauty Credit ini merk keluaran Somang Cosmetic. Merk ini baru dirintis tahun 1992 dengan hanya 3 orang karyawan, dan sekarang sudah memiliki 600 karyawan dan termasuk dalam 5 besar perusahaan kosmetik terbesar di Korea Selatan. Somang Cosmetic memiliki beberapa sub-merk kosmetik, dan Beauty Credit adalah salah satunya.
Koo Hye Sun dan Hyun Bin
Saat ini, merk Beauty Credit sudah tersedia di 17 negara, termasuk tetangga dekat kita, Singapura. Sayangnya, Indonesia belum termasuk dijadikan target pasar mereka. Icon merk ini adalah aktris cantik Koo Hye Sun, pemeran Geum Jan Di dalam drama Boys Over Flowers, untuk model cowoknya Hyun Bin yang dulunya icon Lanei'ge Homme.


  • Tony Moly
Tony Moly artinya "To Box Something Really Stylish". Well, sesuai dengan namanya, packaging Tony Moly memang bikin laper mata. Cute banget!!! Menurut gw pribadi jauuuuuuhhhhhh lebih cute dari pada packagingnya Baviphat (harganya juga ^__^ )
Soal harga, sama kaya Innisfree, ga semahal Lanei'ge tapi ga semurah Etude atau Baviphat, tapi kalau untuk kantong gw, harga Tony Moly cukup bikin gw ngelus dada dan berfikir baik2 sebelum purchase.
Untuk icon, merk ini sekarang memasang aktor manis Song Joong Ki, pemeran tokoh playboy kocak Gu Yong Hwa dalam drama Sungkyunkwan Scandal. Tony Moly memasangkan Joong Ki dengan idol group Brown Eyed Girl. Idol group yang sekarang lagi tenar2-nya T-Ara juga menjadi icon Tony Moly. Sebelumnya merk ini mengontrak Kim Hyun Joong, yang saat ini di kontrak oleh The Face Shop.

Song Joong Ki
Contoh kemasan Tony Moly









  • Nature Republic
Jang Geun Suk for Nature Republik
Goo Hara for Nature Republik

 


RAIN/BI








 
Junsu Jaejoong dan Yoochun
Ini dia merk yang sering bikin gw penasaran setengah mati. Jujur aja, dari segi packaging merk ini cenderung biasa aja. Manis, tapi nggak unik. Harga.... menengah, sedikit tidak bersahabat tapi ga se-sadis Lanei'ge. So, yang bikin gw penasaran adalah karena merk ini memasang Rain (Bi/Jeong Ji Hoon) sebagai icon. Tubuh sexy Rain juga di-eksploitasi untuk kepentingan komersial (^0^v). Well, tehnik dagang yang bagus, gw tertarik menjajal merk ini karena Rain!! Foto2 Rain untuk komersial merk ini juga keren! Artistik banget! 
Sekarang ini Nature Republic memanfaatkan ketenaran Jang Geun Suk (dulu icon Etude), Goo Hara (dulu icon A'pieu) dan JYJ (Jaejoong Yoochun Junsu) idol band pecahan TVXQ/DBSK (Dong Bang Shin Ki)/Tohoushinki).

Salah satu foto keren Rain for Nature Republic

  • Missha
Missha terkenal lewat produk BB Cream-nya. Yang udah baca postingan Review BB Cream I dan Review Bb Cream II, pasti tahu kalau gw jatuh cinta banget sama Missha Watery BB Cream dan Missha Perfect Cover. 

Ga tanggung2, merk ini mulai Nov/Dec 2011 akhirnya menggandeng penyanyi Korea kawakan, BoA (Boa Kwon), dan idol group yang satu masih satu manajemen dengan BoA, TVXQ/DBSK (Dong Bang Shin Ki)/Tohoushinki), sebagai spokesperson yang diharapkan mampu membantu mendongkrak nama perusahaan agar lebih well known. Missha pasti menghabiskan budged besar, karena BoA dan TVXQ termasuk idol papan atas di Korea.
Packaging Missha menurut gw biasa aja. Rata2 produk Missha punya aroma yang lembut, seperti aroma produk2 untuk bayi. Harga juga termasuk menengah, ada yang sedang, ada juga yang bikin nangis. Sejauh ini gw udah mencoba 4 macam produk BB Cream Missha, dan gw suka 3 diantaranya. Menurut gw, dari beberapa jenis produk yang gw coba, Missha termasuk yang memberikan hasil mendekati dari yang dijanjikan di iklan. Untuk produk BB Boomer misalnya, walaupun ga benar2 bisa memberikan efek sesuai dengan apa yang ada di gambar iklan, tapi membuat make up tahan sangat lama! Gw jamin! (baca postingan gw Base Primer Review)
Intinya, meskipun merk ini termasuk yang jarang dilirik konsumen di online shop gw (kecuali BB Cream-nya) gw berani bilang kalau produk2nya Missha rata2 tidak mengecewakan.  Tapi apakah BoA, U-know/Yunho dan Max/Changmin bisa mendongkrak penjualan Missha... Kita lihat saja saja nanti.

Yunho dan Changmin
TVXQ for Missha
  • Holika Holika
Holika dalam bahasa Korea berarti beauty-holic. Gw suka merk ini, karena Sementara merk lain berlomba menggunakan packaging dengan bentuk dasar buah2an atau binatang, Holika Holika, cosmetic berlogo penyihir ini menyajikan packaging yang unik. Uniknya, kadang produk Holika comes in double function. Lain daripada yang lain!  Aromanya juga enak!

Kalau Etude House mengandalkan saran make up yang fresh, cocok untuk remaja, Lanei'ge mengandalkan flawless make up, Holika lebih mengusung  gothic look dengan gaya penyihir dan vampire.
Holika memilih idol band CN Blue yang beranggotakan 4 cowok tampan, Lee Jong Hyun, Jung Yong Hwa, si imut Kang Min Hyuk dan maknae mereka Lee Jung Shin (gw sempet ngira kalau Min Hyuk maknae-nya, coz dia imut banget, kaya Min Hwan ^0^). Kalau gw perhatikan kulit Jung Yong Hwa dan Kang Min Hyuk di drama You've Fallen For Me, yang sering kali di-zoom sama kameramen-nya, gw bisa ngelus dada karena iri. Haluuuuusssss banget!!!! Bikin gw jadi ga berasa cewek. (oh kulitku.... TnT )
Gothic Look-nya CN Blue
Peach Girl BB Cream
CN Blue

Peach Girl BB Cream Holika bagian tutupnya ada Cream Blush On yang juga bisa berfungsi sebagai lipstick.


Bersambung ke All About Korean Cosmetic Brand II......


Note:
Kindly follow my instagram @anshiera. Gw akan share produk2 yang baru gw purchased dan kasih review singkat, juga tips2 soal skin care, how to dan DIY skin care, dsb. Gw juga akan langsung jawab pertanyaan yang kalian ajukan di komentar.
Akun instagram gw baru aja gw lauch, jadi, masih miskin foto. Gw akan menunggu sampai follower lumayan banyak, baru gw akan upload tips2 yang gw janjikan. Jadi, buat follower pertama…..sabar yah. I will grow up with you.


Thanks a bunch for everything!!!


9 komentar:

  1. Merk holika holika itu lebih murah dari etude house atau lebih mahal?
    Trus bagus yg mana klo bwt remaja

    BalasHapus
  2. Menurut gue yaa, gue juga masa remaja gue lebih suka holika-holika buat skin care, klo soal makeup dll gue ngga tau ya (secara pengetahuan gue masih minim banget) dan lagi gue ngga dibolehinn pake yg namanya make up *karna masih kecil lahh, ntar mukanya rusakk, dll* holika holika itu harganya beda-beda klo dilihat dri bagian masker", hand cream, body lotion, body soap, dll karna gue suka pke gituan, harganya itu relatif lebih murah dari etude, klo yang keliatan banget perbedaan berada pada Cat rambutnya tohh holika holika mahall banget buat kantong remaja dibanding sama etude house jauhh bangett *lebay* (cuma bagi pendapat) Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Innisfree bisa buat remaja 15 th gk ?

    BalasHapus
  4. @sarah: bisa kok, Innisfree menggunakan bahan-bahan alami (eco-friendly), bisa dilihat web korea-nya. (jadi, jangan terkecoh ma modelnya yang rata-rata diatas 25-an) Tapi untuk harga kurang terjangkau untuk remaja
    *penggemar setia Innisfree

    BalasHapus
  5. artis korea wajahnya mulus bgt :)
    http://www.bitebrands.co/2017/01/merek-brand-kosmetik-makeup-produk-kecantikan-korea-kbeauty.html

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Kak Mau Tanya Kalo cc cream (silky) etude Itu menyerap air kah?

    BalasHapus
  9. terimaksih kak informasinya, kalau udah berhubungan dengan skincare korea udah duit langsung habis. aku suka sama produknya laneige. terus yang booming sekarang itu nature republic. aku biasanya beli produk korea di letsbuymakeup.id

    BalasHapus