Rabu, 11 Januari 2012

EYELINER REVIEW

Banyak banget yang inbox dan minta gw untuk review soal eyeliner. Tapi karena kesibukkan, baru sempet buat sekarang.
Buat gw eyeliner adalah make up wajib. Lebih wajib dari BB Cream. So, kalau lagi terburu-buru, gw hanya pakai concealer dan eyeliner saja. Karena itu, gw punya sangat buanyak eyeliner dari berbagai jenis dan merk, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Untuk mempersingkat, kita langsung mulai aja review-nya.


  • NYX JUMBO EYEPENCIL
            Sejujurnya gw ga tahu apa yang membuat gw memutuskan utntuk membeli produk ini. Untuk smudging?? Pencil liner biasa juga bisa. Pengganti eye shadow? Buat apa pengganti, beli eyeshadow aja sekalian, lebih hebat.  So, kenapa gw bisa memutuskan untuk beli...gw sendiri bingung...
Bagusnya produk ini texturenya lembut banget. Cocok dan bagus untuk tehnik smudging. Sesuai namanya “Jumbo Eye Pencil”, eyeliner ini...gemuk! Sangat gemuk! Jangan harap bisa bikin garis tipis pakai produk ini. Gw rasa, produk ini dibuat untuk mewarnai kelopak mata, bukan memberi garis. Tepatnya produk ini bukan eyeliner, tapi Eyeshadow Crayon.
Soal warna yang gw purchased, karena namanya Cottage Cheese, gw pikir warnanya sama kaya keju. Ga tahunya warnanya putih pearl!!! Karena gw ga suka warna2 pearl dan frosty, jadinya nambah deh koleksi produk nganggur gw... TnT

Price: 60rb
Puchased color : 608 (Cottage Cheese)
Repurchase: Yes, but Another color


  • NYX SLIM EYE PENCIL

            Gw cukup puas dengan produk ini. Warnanya kuat, teksturnya lembut dan harganya cukup murah. Bagus kalau mau dipakai untuk tehnik smudging atau bisa dipakai sebagai Eyeshadow Crayon. Kelebihan lainnya itu adalah pilihan warnanya. Ini eyeliner pencil produk dengan koleksi warna terlengkap yang pernah gw temui.

Price: 39rb
Puchased color : 901 (Black)
Repurchase: YES!! Wish could try every color!!


  • MAYBELLINE EYE STUDIO GEL EYELINER
Pertama kali gw tahu soal eyeliner ini, gw langsung tertarik banget pengen beli.  Selain belum pernah baca review negatif, eyeliner ini banyak dipakai dan disarankan sama make up artist proffesional dunia. Ga bohong dah! Sayangnya, produk ini belum dijual di Indonesia. Waktu itu, mati2an cari online sellernya, tapi ga nemu.
Waktu gw jalan2 ke Jepang, gw langsung bahagia lihat produk ini mejeng dengan manisnya di etalase, dan temen baik gw, Yui, langsung membelikannya untuk gw. (Arigatou Yui-chan!!) Karena takut menyesal, gw memilih warna coklat dengan pertimbangan gw punya banyak eyeliner hitam. Dan ternyata benar, gw sangaaaaat menyesal. Menyesal karena ga beli warna hitam sekalian. TnT
Udah lumayan banyak online seller yang jual produk ini, tapi perbedaan harganya lumayan. Waktu gw beli harganya cuma 1000 ¥ Yen, sekitar 90rb-an. Tapi di Indonesia harga palibng murah yang gw temuin sekitar 160rb. Bahkan ada seller yang menawarkan harga sampai 240rb!!! Ampun dah bedanya! Kalau tahu, gw borong pas gw kesana!
Produk ini OK banget! Bisa menghasilkan garis tegas. Agak cair, untuk ukuran gel eyeliner, jadi memudahkan untuk aplikasi. Sudah ada kuas yang mutunya bagus didalam kemasan, jadi ga usah pusing nyari2 kuas khusus gel liner.

Price: 1000 ¥
Puchased color : Brown
Repurchase: YES!!!!!!!!!!!!!!!


  • MAYBELLINE AUTO EYELINER

            I HATE THIS PRODUCT! I don’t even know why I even buy it! Texture pencilnya keras, banget. Begitu kerasnya warna produk ini cuman keluar kalau di aplikasikan di tangan. Sama sekali ga bisa gw aplikasikan di mata! Sebenernya Maybelline adalah merk drugstore favorite gw. Sayangnya, gw rasa ini produk gagalnya Maybelline.

Price : Sekitar 50rb-an
Purchased color : Brown
Repurchased : No Way!!!


  • MAYBELLINE IMPACT EXPRESS SMOOTH FELT LINER
            Bentuknya penliner jadi bisa membuat very thin line. Kelebihannya gampang diaplikasikan di mata, cocok untuk yang baru belajar. Gw purchased warna hitam dan menurut gw warnanya termasuk lumayan kuat, walaupun ga setebal warna hitamnya La Tulipe. Kuasnya halus dan ga nyakitin kelopak mata. Kalau kalian mau ber-eksplorasi dengan eyeliner, gw sarankan membeli produk ini, karena penliner itu jauh lebih mudah untuk diaplikasikan daripada jenis2 eyeliner lainnya.
            Sayangnya, eyeliner ini sama sekali ga waterproff. Menurut ge eyeliner ini hanya cocok untuk indoor party, acara date atau ngumpul sama teman yang ga kena matahari dan acara2 indoor lain yang hanya makan waktu paling lama 3-4 jam. Eyeliner ini sangat...mbleber?? Bahkan kalau dipakai di kantor yang artinya makan waktu 8 jam, saat berkaca, pasti syok liat eyeliner ini melorot mengotori bagian bawah mata.

Price : Sekitar 70rb di Watson Kelapa Gading
Purchased color : Black
Repurchased : Nope.


  • REVLON COLORSTAY EYELINER

Bentuknya Auto Pencil Liner. Teksturnya lumayan lembut dan cukup mudah untuk di-aplikasikasikan. Produk ini agak sulit kalau mau dipakai untuk tehnik smudging. Garis yang dihasilnya sedang, ga terlalu tipis dan ga terlalu tebal.
 Sayangnya produk ini ga sesuai sama namanya. Secara mutu hampir sama dengan NYX, setelah beberapa jam, warnanya akan luntur. Gw lebih rekomendasikan membeli pencil liner-nya NYX dibanding produk ini karena selain NYX harganya lebih murah, gunanya juga lebih banyak.

Price : Sekitar 55rb
Purchased color : Black and Brown
Repurchased : Nope.


  • E.L.F STUDIO CREAM EYELINER from E.L.F COSMETIC

Banyak yang belum pernah dengar merk ini. Seperti kakak gw, dia kira ELF Cosmetic punya fans club-nya Super Junior ^w^. Well, merk ini sama sekali ga ada hubungannya sama Suju.
E.L.F singkatan dari Eyes Lips Face, merk yang terkenal di Amerika untuk sasaran pasar kalangan remaja. Menawarkan harga yang luar biasa MURAH!!! 1$ untuk seluruh produk ELF Essential, 3$  untuk seluruh produk ELF Studio, 3-5$ untuk seluruh produk ELF Mineral. Sayangnya kalau di Indonesia, harga paling murah yang gw temuin 1$ jadi 35rb, 3$ jadi 65rb dan 5$....(lupa...). Tolong info ke gw kalo ada yang nemu lebih murah.
Gw menemukan produk ini gara2 kesasar waktu nyari Maybelline Gel EyeLiner, dan akhirnya gw purchased karena putus asa. Teryata hasilnya cukup memuaskan. Konsistensinya lebih kental dari Mabelline Gel EyeLiner, tapi gampang di-aplikasi. Kelebihan lain, produk ini cukup waterproff dan tahan lama. Gw pakai seharian sama sekali ga luntur.
Sama dengan Maybelline, kita langsung dapat kuas dalam kemasan. Istimewanya lagi, kalau merk2 lain, termasuk merk2 Korea menawarkan hanya 2-3 koleksi warna, ELF Cosmetic punya 11 koleksi warna untuk produk ini, termasuk putih, biru muda, biru tua, plum (warna yang paling susah dicari), biru tua, dsb.

Price: 3$ 65rb
Purchased color : Brown
Repurchase: YES!!


  • E.L.F ESSENTIAL EYE WIDENER
            Ini termasuk produk yang gw beli dalam perjalanan mencari eyeliner putih yang waterproff. Sayangnya produk ini ternyata sama sekali ga berwarna putih, tapi rada pearl. Produk ini termasuk satu dari 3 produk lain yang terdiam nganggur di laci make up gw, terbengkalai tidak terpakai karena gw ga butuh warna ini.
            Secara texture...pencilnya lembut banget!! Sangat empuk! Warna putih pearlnya juga kuat. Selain itu di tutupnya ada rautan pencilnya, jadi praktis. So, bagi yang suka warna putih pearl, silakkan dijajal.

Price : 1$ 35rb
Repurchased : Nope!


  • LA TULIPE WATERPROFF LIQUID LINER
Ini dia produk Indonesia yang paling gw cinta!!!! Sebenernya gw sempet meng-under estimated produk ini. Belinya juga karena putus asa karena eyeliner revlon gw habis, tapi ga sempet ke mall (waktu gw purchased produk ini, gw belum kenal cosmetic Korea). Tapi diluar dugaan, hasilnya memuaskan!! Waterproffnya OK banget untuk produk dalam negeri! Harganya murah! Saking sukanya, gw sampai stock 3 item!
Produk ini gampang diaplikasikan. Warna hitamnya tegas, dan ga terasa tebal di kelopak mata. Biasanya Waterproff Liquid eyeliner terasa tebal dan kadang suka rontok dan masuk ke dalam mata, bikin kelilipan! Well, produk ini tidak demikian. Intinya, this product is my final destination for Liquid Eyeliner product!

Price : Sekitar 40rb di Tip Top
Purchased color : Black
Repurchased : Definitely YES!!!

Tips: Produk ini kurang bisa menempel dengan baik pada kulit berminyak. So, ada baiknya sebelum pemakaian, aplikasikan dulu bedak atau eyeshadow (bisa warna nude atau hitam) di eyelid. Cara ini bisa membantu produk ini menempel dan bekerja dengan baik. 


  • SILKY GIRL LONG-WEARING EYELINER

            Walaupun bentuknya auto pencil liner, berbeda dengan revlon, SILKY bisa menghasilkan garis yang cukup tipis. Pencilnya tidak empuk, tapi juga tidak keras. Sesuai dengan namanya “Long-Wearing” SILKY cocok kalau mau dipakai ke kantor atau kegiatan indoor yang makan waktu lama.
Kenapa indoor?? Product ini sama sekali ga bohong, namanya Long-Wearing, bukan Waterproof, jadi dia sama sekali ga waterproof. Waktu gw pakai kegiatan outdoor, gw sempet syok pas nemu kaca, mata gw berubah kaya matanya Panda POO, tokoh utama dalam Kungfu Panda.
Gw juga kurang rekomen produk ini bagi yang muslim, dimana walaupun kantoran, tapi harus membasuh wajah untuk ber-wudhu.

Price : Sekitar 50rb di Citos
Purchased color : Black
Repurchased : Maybe.


  • WARDAH PENCIL EYELINER

            Ini dia merk lokal lain yang mutunya cukup mengejutkan gw. Gw juga beli produk ini sebelum kenal cosmetik Korea. Hasilnya cukup memuaskan, texture pensilnya empuk banget. Gw purchased warna hitam dan putih dan menurut gw masing2 warnanya cukup kuat. Warna hitamnya bagus untuk tehnik make up smudging atau bisa jadi alternatif eyeshadow kalau lupa bawa.
            Kekurangannya produk ini ga sama sekali ga waterproof. Make up harian gw adalah eyeliner hitam untuk bagian atas mata dan putih untuk bagian bawah mata. Kalau pakai produk ini, paling 3 jam eyeliner putih dibawah mata udah hilang warnanya, sementara warna hitamnya bleber ke bawah mata. Bikin mata gw kaya panda.
            So far, gw suka produk ini. Andaikan Wardah mengubah produk ini menjadi Waterproof Eyeliner, gw pasti cinta mati sama produk ini.

Price: 35rb
Puchased color : Black and White
Repurchase: Maybe  


  • ETUDE STYLING EYE LINER

           Bentuknya Auto Eye Liner. Termasuk produk salah beli karena gw butuh warna putih, dan ternyata... produk ini juga...lagi2...berwarna pearl!!! Ah...silly me!!!! Texturenya lembut walaupun sayangnya warnanya kurang kuat kalau dibandingkan dengan E.L.F Eye Widener. 


Price : Sekitar 43rb 
Purchased color : Black
Repurchased : Because of it's soft texture, I'd like to purchase another color


Important Tips and Tricks:
Cukup sulit mencari eyeliner waterproof yang bagus. Gw ingatkan, jangan percaya begitu aja dengan perkataan SPG, karena selain tujuan utama mereka adalah menjual produk sebanyak mungkin, mereka juga tidak tahu persis mengenai produk yang mereka jual, jadi mereka hanya mengatakan apa yang ingin kita dengar.
SPG yang berpengalaman pernah melakukan test kecil untuk membuktikan produk yang dia jual benar2 waterproof dengan cara menggoreskan produk di tangan dan mencelupkanya ke dalam baskom. Hasilnya, VIOLA, produk tetap menempel dengan baik. Sayangnya, itu cara yang salah.
Waterproof itu sebenarnya sejenis produk yang bukan hanya bisa bertahan dari air yang berasal dari luar tubuh, tapi juga dari dalam, seperti produksi minyak dan keringat. Kalau kita melakukan kegiatan indoor, sudah tentu tidak ada air dan keringat, tapi eyeliner masih saja luntur karena tubuh terus mengeluarkan minyak yang fungsinya untuk mempertahankan kelembapan kulit. Minyak dan keringat yang keluar dari pori2 ini-lah yang menyebabkan make up kita luntur.
Produk waterproof yang baik adalah produk yang mampu bekerja dengan menyumbat pori2 kulit sehingga menahan/menghambat produksi minyak dan keringat. Karena itulah, produk waterproof kurang baik untuk kesehatan kulit. Tapi gw rasa kalau hanya minyak dan keringat di kelopak mata...masih sah...mungkin... 
Gw sendiri belum tahu bagaimana cara membedakannya sebelum menjajalnya sendiri. Tapi yang pasti, rata2 produk kosmetik lumayan jujur. Misalnya Revlon Color Stay atau Silky Long-Wearing, dia hanya menjanjikan produk yang warnanya tahan lama, bukan waterproof. Eyeliner Wardah dan NYX juga tidak menuliskan kalau produk itu tahan lama atau waterproof, jadi wajar saja kalau gampang luntur. Karena itu, sebelum membeli, perhatikan namanya baik2. Produk2 waterproof akan mengatakan dengan jelas kalau dia waterproof, seperti La Tulipe Waterproof Liquid Liner misalnya.

Gw masih dalam masa pencarian menemukan pencil liner dan pen liner yang waterproof with affordable price. Hope I could find itu soon....



23 komentar:

  1. udah nyobain silky girl gel eyeliner belum?kemaren sempat colek di konter,lumayan awet ga gampang luntur walaupun udah digosok-gosok dan diguyur air keran, harganya juga terjangkau 40ribuan :)

    BalasHapus
  2. Silky Girl gel liner bagus sih, tp kl eyelid nya tipe yg oily, si liner ini bakal smudging gila2an... ujung2ny mata panda juga.. kalo di tangan emang gak smudge sama skali dan super waterproof. hebatnya lagi kalao di"hapus" pake tisu yg dibasahin ga bisa sementara tisu kering bs menghapusnya dengan gemilang. tapi bagus sih memang, dan super affordable :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kulitku kombinasi, kebetulan eyelid-ku agak oily sis. So, banyak eyeliner yang smudge di mataku dan akhirnya bikin mata panda.

      Well, sejauh ini, selain waterproof liquid liner, cuman Maybelline Gel Liner dan ELF Studio Cream Eyeliner yang hasilnya sangat memuaskan ^__^

      Hapus
    2. Lebih pilih maybelline gel liner apa yg elf?

      Hapus
  3. elf-nya beli dmn?
    pengeeeeeeeeeen.. >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli online sis..., coba browsing aja di kaskus ^__^

      Hapus
  4. aku juga lagi nyari eyeliner putih dan kecewa banget pas beli maybelinne masterliner.entah kenapa hasilnya malah kayak pake krayon di mata.sangat ga rata >.< malah lebih bagus hasilnya pake pencil liner merk cina (ga tau mereknya apa).harganya murah padahal,15ribu.nempelnya bagus,sempurna banget.tapi sayang cuma tahan ga lebih dari 2jam

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Pengen deh MAYBELLINE EYE STUDIO GEL EYELINER ituuu .. Oia, kenapa eyeliner La Tulip kalau ku pakai suka ngelupas gtu ya, klo ku pikir mungking krn kulit yg agak berminyak dikit ya hmmm ^^

    Lagi cari eyeliner juga nih, mau re-purchase La Tulip tp lagi cari comparison lain,, ^^

    Mampir n folback yah http://visitkarlina.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. Wardah sekarang ada kok yg seri waterproofnya, tapi jenisnya liquid...

    lagi nyari2 eyeliner wardah eh nyasar ke sini...
    reviewnya bagus, aku suka... gak basa basi... sippp!!

    BalasHapus
  8. Dari review yg saya baca, ternyata memang produk lokal kita ga kalah juga. Saya pernah coba merk bless tapi blush on nya sih, malah lebih nyata daripada merk revlon. -_-"

    Kalo eyeliner saya juga ganti-ganti, gak jelas mau pake yg mana. Adik saya sendiri juga saran nya MAYBELLINE EYE STUDIO GEL. Temen saya yang makeup artist pun menyarankan juga.

    Sekarang lagi pake eyeliner REVLON GROW LUSCIOUS. Ga tau kenapa bisa beli ini, waktu di test di tangan empuk pensil nya, creamy juga. Eh sekali nya di pake bleber dahh.. ga rekomendid T.T

    Anyway, thanks for sharing. Dapet banyak info". :)

    BalasHapus
  9. haiii kak,aku mau tanya kalo eyelinear yang bagus gak gampang luntur,ga harus waterproof si se enggaknya tahan lama lah,itu merek apa yaaa?
    eyelinear white ya kak

    BalasHapus
  10. Coba eyeliner senegence say, waterproof jg loh bisa cek di www.produkkosmetikkecantikan.com

    BalasHapus
  11. kak, tolong reviewin merk2 eyeliner lain dong ^^
    aku dpt saran katanya merk2 lokal kyk Liquid Eyeliner in Black PIXIE sama Liquid Eyeliner in Black PIXIE (waterproof) itu hasilnya bagus, awet, sama gak smudge.
    thanks ^^

    BalasHapus
  12. Aq dl pake eyeliner pencil dr oriflame bagus bgt waterproof lembut..tp syg nya skg gak kluar lg, jd bingung deh skg aq mw oke product apa soalna aq suka ngucek2 mata n jg pke product lain itu mbleber gt dimata aq..

    BalasHapus
  13. lengkap banget reviewnya. Tadi tertarik sama yang maybelline felt liner, ternyata ga waterproof >.<
    thank you reviewnya ^^

    BalasHapus
  14. Aku sih tadinya mau beli pensil mata wardah, tapi berhubung aku udh baca review dari mba ternyata ga waterproof ya. Makasih ya mba reviewnya pengalamnya luar biasa:)

    BalasHapus
  15. q kemaren salah beli LA TULIPE LIQUID LINER, liat review tetangga sebelah katanya gak bagus,trs gak sengaja liat review ini katanya bagus,pas cobain...cuma tahan 4 jam udah parah abis...#kecewa

    BalasHapus
  16. Eyelinernya pixy bagus.. awet.. kdng ga sadar ngucek mata masih utuh aja dia ahaha

    BalasHapus
  17. untuk pencil liner ada recommend gak gals???

    BalasHapus
  18. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus