Rabu, 11 Januari 2012

MENGHILANGKAN JERAWAT


Banyak banget e-mail yang masuk ke inbox gwe menanyakan bagaimana menghilangkan jerawat. Well, banyak cara. Seperti yang gw tulis dalam postingan about me, jerawat adalah musuh lama yang nggak ingin gw temui lagi.
Secara singkat, penyebab jerawat itu macam-macam. Ada yang dipengaruhi faktor dari dalam, seperti hormon misalnya, ada juga faktor luar seperti udara yang kotor dan kita malas membersihkan wajah atau produk kosmetik yang mengandung bahan kimia yang tidak bisa diolah dengan baik oleh kulit. Apapun itu, pada akhirnya kedua faktor ini berujung pada satu titik yang sama sehingga mengakibatkan hal yang sama, jerawat. 
Sebelum kita melawannya, ayo kita kenal siapa musuh utama semua orang, baik pria dan wanita ini. Berbahaya jika kita menggunakan suatu pengobatan tanpa kita tahu penyakit kita. Salah2, bukannya jerawat berkurang tapi malah tambah banyak. Yang lebih berbahaya lagi kalau pengobatan yang kita pilih malah menimbulkan efek samping lain yang tidak kita inginkan. Untuk mengetahui jenis2 jerawat kita, bisa baca postingan gw "Kenali Jenis Jerawat-mu".


  • BAWANG PUTIH UNTUK JERAWAT 
BAWANG PUTIH
 Selain sebagai bumbu masak, bawang putih memiliki banyak khasiat. Saking banyaknya, bawang putih dimanfaatkan sebagai obat untuk anti kangker, mengontrol diabetes dll. Bawang putih mengandung zat anti kolesterol, ajoene, dapat mencegah penggupalan darah, minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol. Daya ini mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dll.
Mengandung khasiat antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik, antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai anti tumor. Mengkomsumsi bawang putih juga dapat mencegah serangan jantung. Tapi tenang aj, gw ga akan saranin kalian untuk makan.

The Recipe:
Bawang putih ternyata juga berkhasiat sebagai penawar racun (detoxifier), sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat jerawat. Caranya gampang banget. Potong 1 siung bawang putih. Oleskan ke bagian yang berjerawat. Diamkan semalaman. Kalau gw hanya butuh 2-3 kali pemakaian. Jerawat langsung hilang. Cara yang sama bisa juga digunakan untuk menghilangkan bisul.

  • MADU+JERUK NIPIS UNTUK KULIT BERMINYAK

MADU
 
Madu tersusun atas beberapa senyawa gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, klor, belerang, besi, dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas nektar dan serbuk sari. Di samping itu, dalam madu terdapat pula sejumlah kecil tembaga, yodium, dan seng, serta beberapa jenis hormon. (Retrieved from: ragamherbal.com).
Madu mengandung anti-oxidan dan anti-microbial yang berfungsi menjaga kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB. Madu memiliki kemampuan untuk mengikat air, sehingga mampu menjaga kelembaban dan kesegaran kulit, dan berfungsi sebagai anti aging,
Madu dapat menghentikan pertumbuhan bakteri Candida Alba, Anti-microbial-nya bisa membantu membunuh bakteri disekitar luka dan anti jamur. Ampuh untuk melawan Salmonela Shigela, E. Coli dan Vibrio Cholera penyebab penyakit kolera.
Selain itu madu juga merupakan antiseptik alami. Orang jaman dulu sering menggunakan madu untuk menyembuhkan luka karena madu dapat menyerap air pada luka, sehingga mencegah infeksi dan memperbaiki jaringan dengan cepat. Madu menembus luka dalam, dan membantu pembentukan butiran jaringan baru. Bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar, bisul, jerawat (temannya bisul), bengkak, dll.  

JERUK NIPIS
Buah imut yang asemnya setengah mati ini ternyata memiliki manfaat yang sama sekali ga imut. Selain kandungan vitamin C yang tinggi, buah ini juga mengandung vitamin B1, belerang, asam sitrun, glikosida, Sebagai herbal alami, jeruk nipis berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh dahak (mukolitik), peluruh kencing (diuretik) dan keringat, serta membantu proses pencernaan.
Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.
Sumber: kompas.com

The Recipe:
Campur 1 sdt madu dengan 1 sdt jeruk nipis. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Bilas sampai bersih tanpa sabun.

Note: Jeruk nipis memiliki kemampuan yang tinggi untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah. Seringkali dimanfaatkan pada produk2 yang menawarkan Oil Control Solution yang bagus untuk kulit berminyak. Karena itu, gw rasa masker ini lebih cocok untuk kulit berminyak.

  • MASKER TOMAT UNTUK SEMUA JENIS KULIT
TOMAT

Tomat mengandung lycopene yang merupakan antioksidan yang bisa berkerja sebagai tabir surya dari dalam. Antioksidan yang terkadung dalam tomat bermanfaat sebagai anti-penuaan yang bertugas membantu memerangi kerusakan sel dan membuat warna kulit lebih merona. Masalah pori-pori besar pada kulit, jerawat dan juga masalah kulit kusam ternyata bisa diatasi dengan tomat. Mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat membantu mengurangi flek(kotoran) dan membersihkan jerawat.
Tomat berwarna merah mengandung vitamin C dan vitamin A lima kali lebih banyak dibandingkan dengan tomat hijau. Semakin matang tomat, semakin kaya kandungan vitaminnya. Karena itu anak kecil sebaiknya dibiasakan banyak makan tomat merah. Ini penting untuk kesehatan matanya.
Konsumsi tomat minimal 16 miligram per hari untuk mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh dan juga membantu untuk mempertahankan kelembaban kulit terutama bagi mereka yang sering beraktivitas dalam waktu lama dalam ruangan ber AC.

The Recipe:
Potong 1/2 buah tomat. Peras hingga airnya keluar. Aplikasikan ke seluruh wajah. Diamkan 1 jam. Bilas dengan air hangat.



IMPORTANT NOTE: 
Pengobatan tradisional yang gw tulis diatas hanya untuk jenis Jerawat Ringan dan Acne Vulgaris ringan. Gw tidak menyarankan melakukan pengobatan ini untuk teman2 yang mengalami kasus yang parah. Di coba boleh saja sih, tapi mungkin ga mempan. Sebaiknya konsultasi ke dokter untuk lebih jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar