Senin, 09 Januari 2012

Kenali Jenis Jerawatmu

Siapa yang ngaku ga pernah jerawatan seumur hidupnya? Ayo maju, biar bisa gw pukulin!! Hehehe...bercanda. Well, gw jamin ga pernah ada orang yang ga pernah merasakan jerawat nongol di wajah se-umur hidupnya. Memang ada orang yang jarang jerawatan, termasuk gw sekarang ini, tapi jarang bukan berarti ga pernah.

Sebelum kita melawannya, ayo kita kenal siapa musuh utama semua orang, baik pria dan wanita ini. Berdasarkan penelitian (Penelitian mengenai sikap konsumen dan konsep rangkaian produk anti jerawat Mentholatum Acnes di wilayah Asia Pasifik pada tahun 2004), di antara masalah kulit remaja, problem jerawat (47%) menduduki peringkat kedua, yang pertama adalah problem kulit berminyak (57%). Di antara mereka terdapat 94% remaja yang mengalami masalah jerawat akan menggunakan produk anti jerawat untuk mengatasi masalah jerawatnya. (detikhot.com)

APA ITU JERAWAT


Kalau dalam bahasa inggris Jerawat biasa disebut sebagai Acne Vulgaris tetapi lebih populer disebut Acne aja. Definisi yang saya temukan di wikipedia menyebutkan bahwa Acne atau Jerawat adalah kondisi kulit yang abnormal dikarenakan gangguan produksi dari kelenjar minyak (sebaceous gland) yang berlebihan. (http://arm-peacemaker.blogspot.com/2010/05/apa-itu-jerawat.html)
Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya.  Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat. Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya. Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

DARI MANA DATANGNYA JERAWAT

1.        Produksi Minyak Berlebihan

Jerawat tidak melulu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.

2.       Sel-Sel Kulit Mati

Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah sebum sdfghjkl yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.

3.       Bakteri

Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.

4.      Kosmetik

Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

5.       Obat-obatan

Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.
Sumber: Wikipedia 


JENIS-JENIS JERAWAT

Infantile Acne pd Bayi
  1.        Jerawat pada bayi yang baru lahir (Newborn Acne)
  Jerawat jenis ini menyerang sekitar 20% bayi yang baru lahir  
 dan tergolong jerawat ringan.
  2.       Jerawat pada bayi (Infantile Acne)
Bayi berumur 3 – 6 bulan juga ditumbuhi jerawat, dan akan tumbuh kembali pada saat ia beranjak remaja. 


Acne Vulgaris pd Remaj

3.       Jerawat vulgaris (Acne Vulgaris)
Jerawat jenis ini adalah yang paling umum terjadi pada remaja dan kaum muda yang beranjak dewasa, sekitar 12 – 24 tahun.Kondisinya beragam, bisa tidak terlalu parah sampai yang kondisinya sangat parah.
4.      Jerawat Conglobata (Cystic Acne)
Jerawat jenis ini terjadi pada kaum pria muda, tergolong serius namun jarang terjadi. 

blackhead
    5.       Komedo.
Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.



    6.      Jerawat Biasa
Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembab, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

7.       Jerawat Batu (Cystic Acne)
Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki:
a.       Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak
b.      Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal.
c.       Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.
Sumber: detikhot.com dan wikipedia


MAKANAN YANG MENIMBULKAN JERAWAT

   1.        Gula dan Cokelat
Cokelat mungkin salah satu makanan yang paling memicu timbulnya jerawat. Archives of Dermatology menerbitkan sebuah studi yang menjelaskan bahwa makanan yang memiliki skala Glycemic Index tinggi, biasanya pada karbohidrat olahan seperti gula dapat menyebabkan munculnya jerawat akibat peningkatan kadar hormon.
2.       Susu
Beberapa penelitian menunjukkan asupan susu tinggi dapat dikaitkan dengan munculnya jerawat. Sebuah penelitian Harvard menemukan bahwa remaja yang minum susu lebih dari dua porsi per hari cenderung menderita jerawat yang lebih parah. Hal itu disebabkan peningkatan pertumbuhan hormon yang menyebabkan kelenjar sebaceous di kulit jadi tersumbat.
3.       Yodium
Yodium dapat menjadi salah satu faktor munculnya jerawat, seperti kelenjar minyak kulit yang dapat mengiritasi kulit yang sudah rentan terhadap jerawat. Yodium bisa ditemukan dalam ikan dan kerang karena air laut mengandung yodium. Selain itu sumber lainnya berasal dari garam beryodium yang merupakan komponen dari beberapa jenis makanan kaleng.
4.      Kafein dan Alkohol
Kafein dianggap memicu munculnya jerawat karena dapat mempengaruhi kadar hormon yang dihasilkan tubuh. Beberapa sumber kafein adalah kopi, teh, minuman ringan, dan cokelat. Selain kafein, alkohol juga menyebabkan peningkatan hormon, khususnya testosteron yang dapat menyebabkan jerawat lebih sering muncul.
5.       Makanan yang Membuat Alergi
Masalah kulit sering muncul akibat alergi pada makanan, terutama susu dan telur. Jerawat muncul karena sistem kekebalan  tubuh mencoba melawan racun yang dirasakan. Seorang ahli alergi telah mendiagnosa dan mengkonfirmasikan hubungan alergi makanan dengan jerawat yang parah.
6.      Buah dan Sayur yang Bersifat Asam
Beberapa buah-buahan dan sayuran yang bersifat asam dapat menyebabkan munculnya jerawat, seperti wortel, mentimun, jeruk, dan daun selada. Tingkat keasaman tubuh dapat menyebabkan munculnya jerawat, karena itu harus dihindari.
Sumber : http://kopibisnis.blogspot.com/2011/08/kenali-makanan-penyebab-jerawat.html

Sebelum menjalani pengobatan ada baiknya kita mengetahui dengan baik kondisi apa yang sebenarnya kita alami. Gunanya mengurangi resiko melakukan kesalahan pengobatan, atau kalau kita memilih pengobatan ke dokter, kita ga bingung2 amat sama bahasa aneh yang sering kali digunakan dokter. 
Untuk bisa membuat gw browsing banyak hal dan menambah banyak pengetahuan gw soal jerawat. Ingin rasanya semua gw buat postingannya, tapi belum tentu semua tertarik. Setelah browsing dan menemukan banyak kasus, ternyata gw harus bersyukur sama Tuhan karena ternyata kasus Acne Vulgaris yang gw alami termasuk ringan, banyak banget kasus jerawat yang gw temukan sampai pada kondisi "sangat mengerikan". Coba browsing Acne Vulgaris di google gambar, ada banyak gambar contoh kasus Acne Vulgaris yang sangat parah.
Kasus gw dulu termasuk parah untuk temen2 gw. Kondisi kulit gw waktu itu memang cukup mengerikan untuk orang awam, tapi ternyata tidak untuk dunia kedokteran. Intinya, parah atau tidak, gw bersyukur karena Tuhan memberikan gw hadiah kesehatan dan mengembalikan kondisi kulit wajah gw tanpa ada bekas yang tertinggal, walaupun gw sama sekali ga pernah ke dokter kecantikkan. 
LOVE YOU SOOOO MUCH MY DEAR GOD!!!! 

Note:
Kindly follow my instagram @anshiera. Gw akan share produk2 yang baru gw purchased dan kasih review singkat, juga tips2 soal skin care, how to dan DIY skin care, dsb. Gw juga akan langsung jawab pertanyaan yang kalian ajukan di komentar.
Akun instagram gw baru aja gw lauch, jadi, masih miskin foto. Gw akan menunggu sampai follower lumayan banyak, baru gw akan upload tips2 yang gw janjikan. Jadi, buat follower pertama…..sabar yah. I will grow up with you.


Thanks a bunch for everything!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar